Headlines News :
Home » » @terselubung Konsisten Pakai Topeng

@terselubung Konsisten Pakai Topeng

Membuat tulisan copy-paste karya orang lain dengan menampilkannya di blog sendiri bisa menimbulkan kontroversi jika lupa menyebutkan sumber tulisan. Itulah yang pernah dilakukan seorang pemilik akun twitter @terselubung. Hobinya meng-copy-paste karya orang pernah menjadi trending topic di Twitter. Namun peristiwa itu justru membawa berkah. Blog miliknya semakin sering dikunjungi orang karena isinya yang menarik perhatian. Pemilik blog ini pun mendadak menjadi selebritis dunia maya.

terselubung topeng

Namun, ia hanya menjadi selebritis dengan akun Twitter @terselubung. Ia tidak terkenal dengan nama asli maupun jati diri aslinya di luar akun tersebut. Saat ditemui Kompas.com di Social Media Festival 2011, Kamis (22/9/2011), pemilik akun ini hadir dengan mengenakan topeng putih yang menutupi wajahnya. Sesuai nama akun Twitter-nya yang terselubung, pria ini mengaku akan konsisten terselubung.

"Untuk bisa sukses memiliki akun anonym di dunia maya, Anda harus punya ide kreatif dulu, dan konsisten untuk tetap menutupi jati diri agar orang selalu penasaran," ujarnya.

Lelaki dengan tinggi sekitar 170 cm ini mengenakan jaket yang sama dengan jaket yang dipakainya untuk avatar Twitter. Selama wawancara berlangsung, ia terus mengenakan topeng putihnya sehingga wartawan harus ekstra kerja keras untuk mendengarkan penjelasan dari mulutnya yang tertutupi topeng.

Pria terselubung ini sebetulnya adalah seorang blogger yang memang hobi melakukan copy-paste tulisan orang lain yang didapatkannya dari hasil googling. Para pengunjung blognya biasanya hanya orang-orang yang memasukkan kata kunci di Google lalu menemukan blognya secara tidak sengaja. Blognya justru mengalami peningkatan trafik sejak ia membuat akun @terselubung. Melalui akun itu, ia membagikan link-link dari blognya dengan judul-judul yang fenomenal.

"Dari Twitter itulah pengunjung blog saya meningkat tajam. Fasilitas retweet juga membuat link saya cepat menyebar bahkan sampai membuat trending topic. Saya ingat juga pernah membuat judul Titi Kamal Topless Berdampingan dengan Admin Terselubung. Isinya betul-betul foto Titi Kamal, ditengahnya ada toples, dan disampingnya foto saya. Mereka tertipu, tapi hal-hal ini yang membuat akun saya disukai," jelasnya.

Ia mengaku baru mendapat respon yang begitu besar dari pengguna dunia maya setelah satu setengah tahun menulis blog. Menyadari potensi bisnis dari follower dan traffic blog yang terus bertambah, pria ini mulai menawarkan diri kepada perusahaan untuk menjadi pengiklan di blognya.

"Saat itu saya coba tawarkan ke XL, ternyata langsung direspon dan sampai saat ini XL jadi sponsor tunggal di blog saya," ungkapnya. Saat menawarkan diri untuk mendapatkan iklan, ia mengaku membuat topengnya dan mengajukan proposal secara normal.

Kerja samanya dengan XL diakui pria ini menghasilkan uang yang lebih besar dari pekerjaan utamanya. Meski tak ingin mengungkapkan apa pekerjaan utamanya dan berapa nilai kontraknya dengan provider tersebut, namun ia mau menyebutkan bahwa penghasilannya mencapai tujuh digit setiap bulan.

Kini ia memiliki kewajiban untuk posting 12 tulisan setiap hari di blognya berdasarkan keinginan pihak XL. "Saya duduk di depan komputer 3 jam sehari untuk memenuhi kebutuhan tersebut," jelasnya. Ia mengaku tidak merasa kesulitan dengan kewajiban tersebut karena tugasnya hanya copy-paste tulisan orang lain dan menyebutkan sumbernya.

Hanya saja, jika dulu ia masih mengandalkan selera pribadi dan fokus pada artikel legenda dan misteri, saat ini ia harus mau memposting tulisan apa saja, selama itu menarik pengunjung untuk mengunjungi blognya.

Selain masih bekerja di sebuah perusahaan yang tak ingin disebutkan namanya, pria terselubung konsisten untuk terus melanjutkan bisnis blog copy-paste-nya ini. Ia juga sering diundang kopi darat oleh XL ataupun menghadiri seminar maupun talkshow tentang social media di berbagai event. Dalam Social Media Festival di FX Plaza Jakarta, tanggal 22 September 2011 kemarin, ia juga tampil sebagai pembicara talkshow.

Saat datang ke FX ia mengaku belum mengenakan topeng. Ia lalu bersembunyi dan mengenakan topengnya sebelum acara talkshow. Sebuah komitmen yang luar biasa untuk tetap tampil terselubung.

Ia konsisten untuk tetap terselubung, dengan tetap menggunakan topeng putihnya selama Talkshow bahkan ketika ditemui para wartawan. Ia mengaku tidak khawatir jika akhirnya identitas aslinya terungkap. "Saya tidak akan menyalahkan orang-orang terdekat, tapi saya akan membuat akun baru dengan nama terungkap," candanya kepada para wartawan.

Anda bisa menemukan para seleb Twitter lainnya selain pria terselubung yang akan datang pada Social Media Festival yang diadakan di FX Plaza, Senayan, Jakarta, sejak 22 hingga 24 September 2011. Kapan lagi bisa kopdar bersama-sama dengan komunitas dunia maya yang lain, bertemu mereka, dan mengikuti talkshow gratis bersama mereka?

Sumber : tekno.kompas.com
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

PARTNER

Mods for Pro Evolution Soccer, FIFA, NBA 2K, MLB 2K, F1 video games. Advertise Here Advertise Herer Advertise Here
 
Support : Tuhan Yang Maha Esa
Copyright © 2013. Raditya Priambodho | Some Rights Reserved
Thanks To Maskolis
Proudly powered by Blogger