Headlines News :
Home » » Jakarta Panas ?? Ini dia Solusinya !!!

Jakarta Panas ?? Ini dia Solusinya !!!

Solusi ini bukan hanya untuk jakarta,tetapi juga bisa untuk kota-kota besar lainnya di indonesia,terutama yang mempunyai lahan yang sempit dan padat penduduk .sehingga ruang terbuka hijau atau taman kota tidak tersedia dengan memadai.

Indonesia yang hijau tentunya menjadi impian dan harapan kita semua. Namun untuk mewujudkan hal tersebut, tentunya kita tidak dapat bergantung kepada pemerintah, mengingat masih begitu banyaknya permasalahan di republik ini. Karenanya, mengapa tidak memulainya dari kita sendiri.

Paling tidak bisa dimulai dari lingkungan sekitar kita, seperti lingkungan rumah tinggal, komunitas atau perumahan sampai ke gedung yang sudah atau sedang kita bangun.

Sejalan dengan perkembangan teknologi, sebenarnya saat ini telah banyak diciptakan berbagai barang pendukung untuk mewujudkan lingkungan yang hijau dan asri, dimana metode konvensional seperti penggunaan batu, batu kerikil dan ijuk sudah mulai ditinggalkan, digantikan dengan drainage cell modular dari bahan plastik yang sangat ringan namun kuat. Selain itu, media tanamnya tidak lagi melulu tanah merah yang memiliki banyak kelemahan, tetapi telah banyak dipakai media tanam campuran tanah, pasir, gravel, batu apung dan lain sebagainya, yang memiliki banyak kelebihan dibandingkan tanah merah saja.

  1. Membuat green roof,atau taman diatas atap.

    Solusi ini sanagat efisien pada kota-kota besar yang mempunyai banyak bangunan dengan kata lain padat.sehingga taman-taman untuk peneduh jumlahnya sangat terbatas.

    Ini beberapa contohnya :

    Klik Gambar Untuk Melihat Detail








    Nah ini ilustrsi komposisinya,siapa tau nt mau buat sendiri :




  2. Membuat taman vertikal (green wall / vertical landscape)

    Solusi ini juga sangat efisien lho gan,,terutama di daerah perkotaan yang lahanya sempit,tapi jangan lupa untuk dirawat secara rutin agar kondisinya terawat dan tidak menjadi sarang hewan-hewab berbahaya seperti ular.

    Pemanfaatan tanaman hijau pada permukaan bangunan vertikal cukup efektif menurunkan suhu dalam ruangan, juga berfungsi sebagai peredam suara bising dari luar dan dapat mengurangi polusi udara di sekitarnya.

    Ini beberapa contohnya :

    Klik Gambar Untuk Melihat Detail




    Ini dia salah satu gedung di barcalona yang mempunyai garden wall :






  3. Untuk rumah-rumah pribadi yang mempunyai halaman kecil,solusinya adalah sepert di

    Klik Gambar Untuk Melihat Detail







    Nah untuk rumah yang sederhana juga bisa kok !!

    Klik Gambar Untuk Melihat Detail








  4. Memanfaatkan area-area kecil seperti trotoar untuk penghijauan.

    Ini beberapa contohnya :

    Klik Gambar Untuk Melihat Detail






Negara-Negara yang sudah menerapkan ini

Klik Gambar Untuk Melihat Detail


(sydney, australia)


(toronto, canada)


(shanghai,china)


usa dan banyak lagi


Spesial dari Indonesia

Klik Gambar Untuk Melihat Detail



Graha Esa Sampoerna, ada sedikit tanamana di dinding2nya




Perpustakan Universitas Indonesia





Iklan Go Green di Jakarta udah dimulai sama
Jembatan Kuningan (arah Taman Lawang)


Kita gak harus ngandalin pemerintah untuk ngebuat perubahan, teknik ini bisa dipraktekkan secara swadaya atau bahkan individu.
Untuk masalah biaya,relatif mau buat nya segede dan sebagus apa.

mulailah menghijaukan indonesia dengan menanam tumbuhan dimanapun anda berada, termasuk dengan membuat taman di gedung perkantoran, mall, rumah tinggal, dan lain sebagainya.

Roof Garden tidak selalu menjadi sesuatu yang mahal, merepotkan, atau menjadi beban yang tidak menguntungkan. Kita bisa membuatnya seperti apapun yang kita inginkan, dan yang kita butuhkan adalah "Teknik" pembuatannya yang benar.

Selain itu fungsinya yang tidak hanya sekedar elemen estetis, bahkan menjadi elemen positif dalam menghadirkan pengalaman ruang yang lebih sejuk, hijau, dan lebih alami, menjadikan nilai tambah untuk bangunan yang kita desain.

Namun tentu saja, semua itu harus didasari pertimbangan-pertimbangan, terutama "Fungsi", karena berarsitektur tidak lepas dari yang namanya fungsi. Karena itu tidak perlu memaksakan jika tidak butuh roof garden, sebaliknya jika dibutuhkan , tidak perlu ragu, karena opini roof garden itu mahal, sulit, dan merepotkan bukanlah sebuah "Kebenaran"

Klik Gambar Untuk Melihat Detail









video presentasinya pak Ridwan Kamil mengenai INDONESIA BERKEBUN di TEDx,buat agan semua yang bener bener mau go green videonya bisa dilihat di sini


Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

PARTNER

Mods for Pro Evolution Soccer, FIFA, NBA 2K, MLB 2K, F1 video games. Advertise Here Advertise Herer Advertise Here
 
Support : Tuhan Yang Maha Esa
Copyright © 2013. Raditya Priambodho | Some Rights Reserved
Thanks To Maskolis
Proudly powered by Blogger