Headlines News :
Home » » SEJARAH TROFI JULES RIMET

SEJARAH TROFI JULES RIMET



Pada 1946, trofi Piala Dunia pada mulanya dinamai dengan sebutan Jules Rimet, diambil dari nama mantan presiden FIFA, Jules Rimet yang berperan dalam menggelar turnamen Piala Dunia pertama. Trofi tersebut diberikan kepada tim pemenang, tapi hanya tim yang sudah tiga kali juara bisa membawa pulang trofi tersebut secara permanen.

Jules Rimet

Trofi ini dibuat oleh seniman Prancis, Abel Lafleur. Trofi ini melambangkan sayap kemenangan. Memiliki berat 1,82 kg dan tinggi 30 cm, trofi ini dibuat dari emas murni. Piala Jules Rimet berbentuk patung emas sebesar botol dengan logo wanita yang melambangkan sayap. Dibawah trofi ini terdapat daftar pemenang piala dunia. Semasa perang dunia ke-2 piala ini disimpan oleh Presiden Fifa saat itu,yaitu Ottorino Barassi. Dia menyimpan piala itu dibawah ranjangnya di Italia agar tidak dicuri.

Abel Lafleur

Brasil adalah negara pertama yang berhasil tiga kali juara Piala Dunia, memenangi gelar ketiganya pada 1970 sehingga berhak atas trofi tersebut secara permanen. Sejak itu, Italia dan Jerman Barat juga mendapat trofi secara permanen. Namun pada 20 Desember 1983, trofi Jules Rimet dicuri dari markas Asosiasi Sepak Bola Brasil di Rio. Hingga kini, trofi tersebut tak ditemukan.

Hanya saja, rupanya itu bukan kali pertama trofi yang berukirkan figur dewi kemenangan Yunani, Nike, itu hilang dicuri. Pada 1966, jelang turnamen Piala Dunia dimulai di Inggris, trofi Jules Rimet juga lenyap. Beruntung, seekor anjing bernama Pickles menemukan trofi tersebut di bawah pagar taman. Pemilik anjing itu pun dihadiahi 6.000 pounds sebagai hadiah.

Anjing Pickles

Namun, pada kali kedua trofi Jules Rimet dicuri, piala dengan tinggi 35 cm dan berat 3,8 kg itu tak pernah lagi kembali. Untuk menggantikan trofi yang hilang, akhirnya Eastman Kodak membuat replika trofi tersebut dengan menggunakan 1,8 kg emas.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

PARTNER

Mods for Pro Evolution Soccer, FIFA, NBA 2K, MLB 2K, F1 video games. Advertise Here Advertise Herer Advertise Here
 
Support : Tuhan Yang Maha Esa
Copyright © 2013. Raditya Priambodho | Some Rights Reserved
Thanks To Maskolis
Proudly powered by Blogger