Headlines News :
Home » » Apa Itu Fans Karbitan?

Apa Itu Fans Karbitan?


Apa sih maksdunya fans karbitan? Fans yang berprofesi sebagai tukang las kah? Gak dong, kalau diartikan fans karbitan adalah fans asal jadi, pemburu kemenangan, lengkapnya fans yang cuma mendukung sebuah tim disaat masa kejayaannya saja dan merasa hebat dengan itu.


Fans karbitan ini bukan selalu berarti buta sepak bola (terutama klub dukungannya), tapi yang jelas mereka adalah tipikal yang mau enaknya saja, jd fans hanya karena pengen eksis. Mereka juga bukan pecinta sepakbola biasa yang biasanya tidak menjadi fans suatu tim namun lebih sepakbola itu sendiri.

Fans karbitan biasanya bersuara lebih keras saat sukses namun paling hening saat gagal. Mereka kebanyakan adalah cewek atau abg karena pengetahuan biasanya bolanya hanya sebatas pemain, walau sekarang sudah banyak cewek yang ikut nonbar (apa hubungannya?). Agar lebih jelas, berikut indikator fans glory hunter versi saya:

Hanya muncul dimasa jaya (glory hunter). (10%)
Setiap fans biasanya memang lahir dari masa jaya klub jadi hal itu belum berarti dia karbitan, selama di saat klub mengalami masa sulit dia tetap ada.

Menonton tim kesayangan bukan hal penting. (10%)
Begitupun menonton, mungkin karena kesibukan dia tidak selalu bisa menonton namun jika sudah dianggap tidak penting? 

Mengaku fans lebih dari satu klub.(25%)
Mengaku fans lebih dari satu klub bisa saja terjadi dan sah saja selama itu klub internasonal dan di Liga yang berbeda, hanya saja fans sepakbola umumnya punya "pandangan tersendiri" pada fans tipikal ini. 

Memiliki jersey klub-klub besar. (15%)
Adalah pantang bagi fans sejati sebuah klub memiliki jersey klub lain, namun terkadang seseorang bisa saja menyukai sebuah jersey karena estetika atau katakanlah hadiah ulang tahun yang salah, yang pasti disini hanya memiliki, bukan memakainya. 


Menyukai klub karena pemain. (15%)
Menyukai klub karena pemain identik dengan cewek-cewek dan abg, rasanya konyol saat ada yang mengatakan saya akan menjadi fans Arsenal jika Del Piero pindah ke sana atau saya akan menjadi fans Barcelona jika Cesc ke sana. 

Pengetahuan sejarah klubnya jongkok. (5%)
Biasanya fans mengetahui sejarah sejarah dasar sebuah klub seperti jumlah gelar, tahun berdiri, pemain legendaris dan itu sudah cukup.

Tidak mengakui catatan hebat tim lain. (5%)
Karbitan biasanya labil, cirinya dengan tidak mengakui catatan klub rival (bukan karena dia membenci rival tapi memang karena pengetahuannya hanya sebatas klub yang dibelanya saja).

Mengaku menjadi fans bertahun-tahun lamanya. (10%)
Saat ditanya "sudah berapa lama kamu menjadi fans City?" dia akan menjawab "...sejak 10 atau 15 tahun yang lalu!". Padahal umurnya masih 17 tahun.


Bangga dengan dirinya. (5%)
Selalu bangga akan dirinya adalah ciri karbitan. Kemungkinan besar hal ini karena tidak ada hal yang bisa dibanggakan dari dirinya selain karena dia mendukung klub yang membanggakan.

Nah, dari indikator di atas itu jika yang terpenuhi salah satunya saja belum tentu dia karbitan, namun jika memenuhi lebih dari 50% (dalam versi saya) maka orang itu kemungkinan besar fans karbitan.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

PARTNER

Mods for Pro Evolution Soccer, FIFA, NBA 2K, MLB 2K, F1 video games. Advertise Here Advertise Herer Advertise Here
 
Support : Tuhan Yang Maha Esa
Copyright © 2013. Raditya Priambodho | Some Rights Reserved
Thanks To Maskolis
Proudly powered by Blogger