Headlines News :
Home » » AKHRIK TSVEIBA, PEMAIN DI TIGA TIM NASIONAL

AKHRIK TSVEIBA, PEMAIN DI TIGA TIM NASIONAL



Pada 7 Februari 1997, pemain kelahiran USSR, Akhrik Tsveiba masuk ke dalam jajaran elite pebola setelah menorehkan caps pertama bersama Rusia. Pasalnya, Rusia menjadi negara ketiga yang pernah diperkuat Tsveiba sepanjang karier profesionalnya.

Pada 1990, saat usanya menginjak 33 tahun, Tsveiba memulai petualangan di kancah sepak bola internasional dengan melakoni debut di timnas Uni Soviet. Dia menorehkan 25 penampilan, tujuh diantaranya bersama CIS (pecahan Uni Soviet).

Pada 26 Agustus 1992, setelah pembubaran CIS, Tsveiba lantas memilih membela timnas Ukraina dan melakoni debutnya pada laga persahabatan melawan Hungaria. Namun, lima bulan berselang, dia memilih menyeberang ke negara pecahan Uni Soviet lain, Rusia.

Penampilan pertama bersama Rusia datang pada 7 Februari 1997 pada laga pembuka Carlsberg Cup. Saat itu Rusia menang adu penalti 6-5 melawan Yugoslavia setelah dalam waktu normal hanya berbagi skor imbang 1-1. Rusia sendiri berhasil menjadi juara setelah menang atas Swiss di final. Tsveiba sendiri memutuskan pensiun dari kancah internasional pada tahun yang sama.

Saat kebanyakan pebola hanya pernah bermain bersama dua timnas, Tsveiba menjadi satu dari tujuh pemain sepanjang sejarah yang mencatat sejarah bersama tiga negara. Tiga diantaranya memiliki rekam jejak serupa dengan Tsveiba, yakni Yury Nikiforov, Andrei Pyatnitskyi dan Sergei Mandreko. Sementara tiga lainnya, Josef Bican (Austria, Czechoslovakia, Bohemia & Moravia), L�szl� Kubala (Czechoslovakia, Hungaria dan Spanyol), lalu Karel Burkert (Bulgaria, Czechoslovakia, Bohemia & Moravia).

sumber: Duniasoccer

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

PARTNER

Mods for Pro Evolution Soccer, FIFA, NBA 2K, MLB 2K, F1 video games. Advertise Here Advertise Herer Advertise Here
 
Support : Tuhan Yang Maha Esa
Copyright © 2013. Raditya Priambodho | Some Rights Reserved
Thanks To Maskolis
Proudly powered by Blogger