Headlines News :
Home » , » Bentuk Dukungan Supporter

Bentuk Dukungan Supporter

Sepakbola tanpa supporter akan terasa sunyi. Kehadiran mereka seolah menjadi bumbu penyedap dalam hidangan olah raga yang satu ini. Tidak hanya pemain di lapangan, supporter juga punya reaksi dan cara sendiri untuk merespon sebuah momen dalam pertandingan. Ada beragam jenis bentuk ekspresi yang ditunjukan, apa saja itu?
 
Terus bernyanyi selama 90 menit
1. Chants
Mengumandangkan chants adalah barang wajib bagi supporter di stadion. Ada bermacam jenis chants. Ada chants umum dan chants khusus. Chants umum biasanya chants yang sudah biasa digunakan di seluruh dunia atau suatu negara, sementara chants khusus adalah chants yang digubah atau diaplikasi oleh supporter untuk tim, pemain kesayangan atau sang lawan. Meski seluruh klub di dunia memiliki dan menggunakan chants namun Premier League bisa dibilang tempatnya supporter bola yang sangat mengandalkan chants. Sangat sulit melihat sebuah pertandingan dikompetisi negeri ratu Elizabeth ini sunyi tanpa riuh suara penonton. 


2. Banner
Banner adalah wadah tempat menyampaikan pesan tertulis dari fans. Tulisan pada banner bermacam-macam, ada yang berbentuk pujian, dukungan, kebanggan, protes, kritikan bahkan ledekan. Banner tak harus berukuran poster atau spanduk besar, terkadang beberapa kelompok supporter membawa banner mereka sendiri dalam bentuk flag (benera) bahkan ada yang menyiapkannya secara individu.


3. Musik
Jangan pernah berharap sebuah pertandingan sepakbola akan diiringi musik RnB, konser live Musik Rock atau gesekan vinyl DiscJockey karena jelas hal itu dilarang selain akan menghilangkan fungsi supporter. Oleh karenanya supporter akan membuat musiknya sendiri. Diiringi drum, symbal dan trumpet para supporter akan menyanyikan chants mereka. Jelas saja hal tersebut akan menghasilkan suasana yang riuh. Supporter yang memberikan dukungan semacam ini dapat ditemukan di kompetisi Amerika dan Indonesia. "Iwa peyek, iwa peyek, nase jagong..." Hahahahahaha!!


3. Teater
Kali ini lebih kepada aksi yang lebih dari sekedar bernyanyi dan bertepuk tangan. Menggabungkan chants dan banner raksasa disertai kembang api plus drumband atau barisan khusus supporter yang dapat membentuk siluet merupakan sebuah bentuk seni dalam pertandingan sepakbola. Aura yang ditimbulkan akan sangat fantastis bahkan dapat memberikan intimidasi pada tim lawan dan supporternya. Banyak liga elite di dunia yang menyuguhkan aksi teater macam ini, tapi rasanya tidak ada yang bisa melakukannya sehebat supporter klub-klub di Serie A, La Liga dan Bundesliga.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

PARTNER

Mods for Pro Evolution Soccer, FIFA, NBA 2K, MLB 2K, F1 video games. Advertise Here Advertise Herer Advertise Here
 
Support : Tuhan Yang Maha Esa
Copyright © 2013. Raditya Priambodho | Some Rights Reserved
Thanks To Maskolis
Proudly powered by Blogger