Headlines News :
Home » » EURO 1972, PEMBUKTIAN JERMAN BARAT

EURO 1972, PEMBUKTIAN JERMAN BARAT



Tim Jerman Barat menjuarai Piala Eropa 1972. Sukses Tim Panser merebut gelar Eropa pertamanya memang sudah dapat diduga melihat keperkasaan dan juga para bintang di dalamnya.

Skuad asuhan Helmut Schoen sudah diprediksikan akan menjadi juara di final yang digelar di Eropa. Bahkan, Piala Eropa 1972 ini diyakini sebagai ajang unjuk kebolehan Franz Beckenbauer, Gerd Moeller, Paul Breitner, Uli Hoeness dan kawan kawan.    

Jerman Barat memang sudah menujukkan keperkasaan mereka sejak babak penyisihan. Beckenbauer dkk berhasil menaklukkan lawan-lawan mereka yaitu Polandia, Albania, dan Turki guna melaju ke babak perempat final.

Lawan mereka selanjutnya adalah Inggris. Pada pertandingan tandang pertama di stadion Wembley mereka berhasil membungkam Inggris 3-1 dan hasil imbang di pertandingan home 0-0 membawa Jerman lolos ke semifinal untuk pertama kalinya.

Kemenangan atas Inggris itu pun sangat bermakna. Pasalnya, mereka mampu membalaskan dendamnya atas The Three Lions yang menaklukkan mereka 4-2 di partai final Piala Dunia 1966.

Keperkasaan Jerman masih terus berlanjut dengan menggilas tuan rumah Belgia 2-1. Di babak final, tim Panser bertemu dengan Uni Soviet. Namun "Beruang Merah"  juga tak mampu menahan lagi laju Jerman untuk menjuarai Piala Eropa, dan kalah 3-0.

Jerman Barat Menjuarai Euro 1972

Wajar saja jika Jerman menjadi tim yang ditakuti saat itu. Pasalnya, Schoen memiliki panglima perang yang tangguh pada diri Beckenbauer dan juga ditunjang playmakeryang piawai dalam sosok Guenter Netzer.

Dua pemain Paul Breitner dan Uli Hoeness juga semakin matang memberi kontribusinya, serta Sepp Maier yang piawai di bawah mistar gawang. Gerd Mueller pun menujukkan dirinya sebagai ujung tombak yang haus gol.

Puncak keperkasaan Jerman terlihat di final. Mereka membuat Uni Soviet tidak dapat memainkan bola. Lagi-lagi Mueller menjadi bintang dengan dua golnya untuk membantu Jerman menang 3-0.

Putaran final Euro 1972
Tuan rumah: Belga
Waktu: 14-18 Juni
Tim: 4
Juara: Jerman
Runner up: Uni Soviet
Jumlah pertandingan: 4
Total gol: 10  (2,.5 per game)
Topskorer: Gerd Muller (Jerman) � 4 gol
Partai Final: Jerman 3 vs Uni Soviet 0
Waktu: 18 Juni
Tempat: Heysel Stadium, Brussels
Pononton: 50.000
Gol: Muller (27, 58) Wimmer (52).
Wasit: : Bruno Galler (Swiss)

Sumber: Kompas.com
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

PARTNER

Mods for Pro Evolution Soccer, FIFA, NBA 2K, MLB 2K, F1 video games. Advertise Here Advertise Herer Advertise Here
 
Support : Tuhan Yang Maha Esa
Copyright © 2013. Raditya Priambodho | Some Rights Reserved
Thanks To Maskolis
Proudly powered by Blogger