Headlines News :
Home » » EURO 1980, GELAR KEDUA JERMAN BARAT

EURO 1980, GELAR KEDUA JERMAN BARAT



Peta kekuatan Eropa kembali terpusat ke Jerman Barat. Der Panzer mengukuhkan dirinya lagi sebagai yang terkuat di putaran final Piala Eropa 1980, yang untuk pertama kalinya diikuti oleh delapan peserta.

Putaran final Piala Eropa keenam ini digelar di Italia pada 11 hingga 22 Juni 1980, di mana untuk pertama kalinya format dengan empat negara peserta sudah ditinggalkan dan diganti dengan delapan peserta. Format baru ini pun membuat pertandingan lebih menarik karena persaingan antarpeserta semakin ketat sebelum bisa tampil di final.

Jerman Barat berada di Grup A dengan lawan yang cukup berat, di mana ada juara bertahan Cekoslowakia dan juga musuh besarnya Belanda serta Yunani.

Regenerasi di tubuh tim yang juga dikenal sebagai "staying power" itu sudah terjadi. Tidak ada lagi striker maut Gerd Muller, tapi bintang baru mulai bermunculan seperti Karl-Heinz Rummenigge, Klaus Allofs dan Horst Hrubesch.

Cekoslowakia ditaklukkan 1-0 oleh Jerman Barat lewat gol tunggal Rummenigge. Belanda pun berhasil mereka pukul dengan skor 3-2 di Stadio San Paolo, Naples, yang mana Allofs mencetak hat-trick.

Meski kemudian ditahan imbang Yunani tanpa gol, namun itu sudah cukup mengantarkan Jerman sebagai juara Grup A. Sementara Belgia menjadi juara di Grup B setelah menundukkan Spanyol serta bermain seri dengan Inggris dan Italia.

Pertandingan final pun mempertemukan Jerman Barat dan Belgia. Pada pertandingan di Stadio Olimpico, Roma, Jerman menang 2-1 dan merengkuh gelar juara Piala Eropa untuk kedua kalinya.

Gelar Kedua Jerman Barat

Cekoslowakia menjadi juara tiga setelah menang atas tuan rumah Italia lewat drama adu penalti. Di luar stadion, pagelaran di Italia ini dinodai oleh ulah para hooligans. Mereka menjadi headline saat membuat ulah di pertandingan Inggris versus Belgia.

Putaran final Euro 1980
Tuan rumah: Italia
Waktu: 11-22 Juni
Tim: 8
Juara: Jerman Barat
Runner up: Belgia
Jumlah pertandingan: 14
Total gol: 27  (1.93 per game)
Topskorer: Klaus Allofs (Jerman Barat) - 3 gol

Partai final : Jerman Barat 2 vs Belgia 1
Waktu: 22 Juni
Tempat: Stadio Olimpico, Roma
Penonton: 48.000
Gol:  Hruebsch 10, 88; Vandereycken 72pen
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

PARTNER

Mods for Pro Evolution Soccer, FIFA, NBA 2K, MLB 2K, F1 video games. Advertise Here Advertise Herer Advertise Here
 
Support : Tuhan Yang Maha Esa
Copyright © 2013. Raditya Priambodho | Some Rights Reserved
Thanks To Maskolis
Proudly powered by Blogger