Headlines News :
Home » » EURO 1984, ERA PLATINI

EURO 1984, ERA PLATINI



Tuan rumah Prancis berhasil menjadi juara di depan publiknya sendiri. Penampilan kapten mereka, Michel Platini, begitu mendominasi jalannya turnamen Piala Eropa ketujuh ini.

Piala Eropa 1984 diakhiri oleh kemenangan Prancis atas Spanyol, dengan skor 2-0. Gol-gol "Tim Ayam Jantan" diciptakan Michel Platini dan Bruno Bellone. Bicara Prancis, tak lengkap jika tak bicara kaptennya, Platini. Ia memang sosok yang fenomenal.

Dalam Piala Eropa ke-7 ini UEFA kembali mengubah peraturan untuk babak 8 besar. Setiap grup akan diwakili juara dan runner up. Dua juara dan runner up kemudian diadu silang di babak semifinal.

Prancis berhasil menapaki tangga juara dengan penampilan menawan. Di babak penyisihan Grup A Platini menjadi "roh" bagi Les Bleus kala mendepak Denmark 1-0; menghancurkan Belgia 5-0; dan menaklukkan Yugoslavia 3-2.

Platini, yang ketika itu memperkuat Juventus, bahkan berhasil mengemas seluruh gol yang dicetak Prancis dalam pertandingan penyisihan terakhir lawan Yugoslavia. Denmark menyusul Prancis yang lolos sebagai juara grup, berkat kemenangan atas Yugoslavia 5-0 dan Belgia 3-2.

Di babak semifinal Prancis telah dinanti oleh Portugal. Samba Brasil-nya Eropa itu maju ke babak empat besar setelah menjadi runner up Grup B di bawah Spanyol.

Dalam salah satu pertemuan klasik di ajang Euro, Prancis vs Portugal, Domerge membawa Prancis memimpin 1-0. Namun Portugal berhasil menyamakan kedudukan melalui sundulan Jordao, dan memaksakan pertandingan diakhiri dengan extra-time.

Di babak perpanjangan waktu Jordao lagi-lagi menjadi pencetak gol Portugal. Ketika waktu hendak berakhir Domerge akhirnya berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Adalah Platini yang menjadi penyelamat dengan tendangan drive yang tak terjangkau kiper Portugal. Prancis berhasil menuntaskan perlawan Portugal, 3-2.

Jika Prancis melangkah ke babak final melalui perjuangan keras, lawannya, Spanyol harus mengakhiri pertandingan melawan Denmark lewat drama tos-tosan dengan skor 5-4.

Di final, Platini kembali menjadi pahlawan kemenangan lewat sumbangan gol melalui tendangan bebas. Platini, yang mengemas sembilan gol dalam putaran final ini, menjadi topskorer sekaligus memastikan gelar internasional pertama bagi tuan rumah.

Putaran final Euro 1984
Tuan rumah: Prancis
Waktu: 12-27 Juni
Tim: 8
Juara: Prancis
Runner up: Spanyol
Jumlah pertandingan: 15
Total gol: 41  (2,73 per game)
Topskorer: Michel Platini (Prancis) - 9 gol
Partai final : Prancis 2 vs Spanyol 0
Waktu: 27 Juni
Tempat: Stadion Parc des Princes, Paris
Penonton: 47.000
Gol:  Platini 57', Bellone 90'
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

PARTNER

Mods for Pro Evolution Soccer, FIFA, NBA 2K, MLB 2K, F1 video games. Advertise Here Advertise Herer Advertise Here
 
Support : Tuhan Yang Maha Esa
Copyright © 2013. Raditya Priambodho | Some Rights Reserved
Thanks To Maskolis
Proudly powered by Blogger