Headlines News :
Home » » EURO 1988, BUAH HASIL TOTAL FOOTBALL

EURO 1988, BUAH HASIL TOTAL FOOTBALL



Gelaran Euro kembali menelurkan juara baru. Adalah Belanda yang menjadi kampiun dalam kejuaraan ke-8 ini. Bicara Belanda, tak lengkap jika tak bicara "Total Football". Ya, itulah gaya bermain yang dibawa oleh Belanda dalam beberapa tahun terakhir.

Filosofi dasar "Total Football" adalah semua penyerang bisa bertahan dan semua pemain bertahan bisa menyerang (attackers defend, defenders attack). Syaratnya, semua pemain memiliki keterampilan teknis stamina yang sangat tinggi.

Tak heran jika arsitek Belanda, Rinus Michel, memilih bakat-bakat hebat Belanda seperti Marco Van Basten, Frank Rijkaard, Ruud Gullit, Ronald Koeman sebagai bagian dari skuad Euro 1988.

Namun, tak seperti calon juara lain di Piala Eropa sebelumnya, di Grup 2 langkah Belanda sempat tak mulus. Setelah dikalahkan Uni Sovyet dan hanya menang melawan Inggis, Gullit dkk harus menaklukkan Irlandia Utara untuk mendampingi Uni Soviet yang sudah lolos ke semifinal sebagai juara grup.

Dalam pertandingan yang menentukan, dewi fortuna masih memayungi Belanda. Adalah sundulan Wim Kieft yang menaklukkan kiper Irlandia dan meloloskan tim dari Negeri Kincir Angin itu ke babak semifinal menghadapi tuan rumah Jerman.

Sementara itu di Grup 1, Tim Panser berhasil menahan imbang Juara dunia 1982 Italia dan menang atas Denmark, untuk lolos ke semifinal dengan predikat juara grup. Italia menyusul menjadi runner-up setelah menaklukkan Spanyol dan Denmark.

Semifinal yang mempertemukan Belanda dan Jerman, merupakan ulangan partai final Piala Dunia 1974. Kala itu, Johan Cruyff dkk. takluk 1-2 di tangan Jerman. Namun kali ini Belanda berhasil melakukan revans. Rudy Voeller dkk dikalahkan dengan skor 2-1, melalui gol-gol yang dicetak oleh Koeman dan Van Basten.

Belanda, yang tertatih-tatih di babak sebelumnya, akhirnya melangkah ke final menghadapi musuh mereka di babak penyisihan grup, Uni Soviet. Soviet sendiri maju ke final setelah menaklukkan Italia 2-0.

Dalam babak final yang digelar di stadion di kota Munich, Belanda tampil kesetanan. Tim di final, bukan seperti tim yang dikalahkan Soviet di babak penyisihan grup. Sebelum jeda Belanda sudah memimpin 1-0 melalui gol Gullit via sundulan yang sangat keras. Di babak kedua Van Basten berhasil menggandakan keunggulan tim oranye melalui tendangan voli spektakuler yang dilesakkan dari sudut sempit. Gol tersebut dianggap sebagai salah satu gol terbaik sepanjang sejarah sepakbola.

Setelah penantian panjang, Belanda akhirnya merengkuh gelar internasional resmi pertama mereka. Salah satu pemain terbaik yang dimiliki skuad Michels, Van Basten, kemudian dinobatkan menjadi pemain terbaik Eropa 1988.

Putaran final Euro 1988
Tuan rumah: Jerman
Waktu: 10-25 Juni
Tim: 8
Juara: Belanda
Runner up: Uni Soviet
Jumlah pertandingan: 15
Total gol: 34  (2.27 per game)
Topskorer: arco van Basten (Belanda) - 5 gol
Partai final : Belanda 2 vs Uni Soviet 0
Waktu : 25 Juni 1988
Tempat: Stadion Olimpiade, Muenchen
Gol   : Gullit 32', Van Basten 53'.
Wasit : Michel Vautrot (Prancis)

Sumber: Kompas.com
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

PARTNER

Mods for Pro Evolution Soccer, FIFA, NBA 2K, MLB 2K, F1 video games. Advertise Here Advertise Herer Advertise Here
 
Support : Tuhan Yang Maha Esa
Copyright © 2013. Raditya Priambodho | Some Rights Reserved
Thanks To Maskolis
Proudly powered by Blogger