Headlines News :
Home » » EURO 2004, JUARA KEJUTAN DARI NEGERI SERIBU DEWA

EURO 2004, JUARA KEJUTAN DARI NEGERI SERIBU DEWA



Bicara mengenai Piala Eropa 2004 adalah bicara mengenai Yunani. Bagaimana tidak, Negeri Seribu Dewa ini membalikkan segala prediksi dengan membuat kejutan dan menjadi juara.

Hadir di Portugal tanpa pemain berstatus bintang, Yunani sempat dipandang sebelah mata. Apalagi mereka berada di grup kuat bersama tuan rumah, Spanyol dan Rusia.

Di pertandingan pertamanya A skuad besutan Otto Rehhagel sudah berhasil mengalahkan Portugal. Ini menjadi awal kejutan yang dilakukan Theodoros Zagorakis cs.

Yunani maju ke perempat final mendampingi Portugal sebagai juara Grup A. Prancis kemudian mereka singkirkan lewat gol semata wayang Angelos Charisteas.

Sampai di situ Yunani masih dianggap hanya beruntung. Namun mereka tak terlalu pusing dan terus melaju. Di babak semifinal Republik Ceko mereka gebuk 1-0 lewat gol Traianos Dellas di perpanjangan waktu.

Yunani lolos ke final untuk menghadapi Portugal lagi, yang di semifinal menyingkirkan Belanda 2-1. Pada final di Estadio De Luz, Lisbon yang dipadati oleh 62.685 penonton, keperkasaan Yunani terbukti.

Gol Charisteas pada menit ke-57 memastikan kemenangan Yunani, sekaligus membungkan pendukung Portugal yang telah bersiap menggelar pesta.

Yunani Berpesta

Masih ada kejutan lain di mana tim tangguh Jerman, Italia dan Spanyol sudah harus tersingkir di babak grup. Sementara Inggris hanya menembus perempat final sebelum disingkirkan oleh Portugal lewat adu penalti setelah bermain imbang 2-2. Pada drama adu penalti tersebut sang kapten David Beckham gagal sebagai eksekutor.

Kemenangan Yunani tersebut sekaligus menunjukkan bahwa kekuataan sepakbola di Eropa sudah mulai berimbang. Pada turnamen tersebut pemain yang berhak mendapatkan sepatu emas adalah Milan Baros (Republik Ceko) yang mencetak lima gol.

Putaran final Euro 2004
Tuan rumah: Portugal
Waktu: 12 Juni � 4 Juli
Tim: 16
Juara: Yunani
Runner up: Portugal
Jumlah pertandingan: 31
Total gol: 77  (2,48 per game)
Topskorer: Milan Baros (Republik Ceko) - 5 gol
Pemain terbaik: Theodoros Zagorakis (Yunani)
Partai final: Portugal 0 vs Yunani 1
Waktu: 4 Juli 2004
Tempat : Luz Stadium, Lisbon
Penonton: 62.865
Gol : Charisteas 57
Wasit : Markus Merk (Jerman)

Sumber: Kompas.com
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

PARTNER

Mods for Pro Evolution Soccer, FIFA, NBA 2K, MLB 2K, F1 video games. Advertise Here Advertise Herer Advertise Here
 
Support : Tuhan Yang Maha Esa
Copyright © 2013. Raditya Priambodho | Some Rights Reserved
Thanks To Maskolis
Proudly powered by Blogger